Sumber gambar: pixabay.com


Industrial Production
Industrial Production adalah data bulanan yang mengukur total produksi dari seluruh pabrik, pertambangan, dan perusahaan pelayanan publik (listrik, air, gas, transportasi, dan lain-lain). Manufacturing Production, komponen terbesar dari data Industrial Production, sanggup diprediksi secara akurat dari total jam kerja dari laporan ketenagakerjaan. Salah satu kelemahan terbesar dari data ini ialah dimasukkannya komponen tingkat produksi pelayanan publik yang sanggup sangat dipengaruhi oleh perubahan (contohnya perubahan cuaca). Peningkatan yang melebihi asumsi dari indikator ini diartikan sebagai naiknya tingkat inflasi, yang pada gilirannya nanti akan menjadikan turunnya harga-harga obligasi dan naiknya tingkat suku bunga.

Industrial Production & Manufacturing Production
Industrial Production adalah data bulanan yang mengukur total produksi dari seluruh pabrik, pertambangan, dan perusahaan pelayanan publik (listrik, air, gas, transportasi, dan lain-lain). Manufacturing Production, komponen terbesar dari data Industrial Production, sanggup diprediksi secara akurat dari total jam kerja dari laporan ketenagakerjaan. Salah satu kelemahan terbesar dari data ini ialah dimasukkannya komponen tingkat produksi pelayanan publik yang sanggup sangat dipengaruhi oleh perubahan (contohnya perubahan cuaca). Peningkatan yang melebihi asumsi dari indikator ini diartikan sebagai naiknya tingkat inflasi, yang pada gilirannya nanti akan menjadikan turunnya harga-harga obligasi dan naiknya tingkat suku bunga.

Industrial Production & Capacity Utilization
Industrial Production adalah data bulanan yang mengukur total produksi dari seluruh pabrik, pertambangan, dan perusahaan pelayanan publik (listrik, air, gas, transportasi, dan lain-lain). Manufacturing Production, komponen terbesar dari data Industrial Production, sanggup diprediksi secara akurat dari total jam kerja dari laporan ketenagakerjaan. Salah satu kelemahan terbesar dari data ini ialah dimasukkannya komponen tingkat produksi pelayanan publik yang sanggup sangat dipengaruhi oleh perubahan (contohnya perubahan cuaca). Sementara Capacity Utilization merupakan embel-embel dari data Industrial ProductionCapacity Utilization menghitung tingkat penggunaan modal negara yang digunakan dalam proses produksi tersebut. Data ini naik-turun sejalan dengan siklus bisnis. Naiknya tingkat produksi akan menjadikan naiknya juga data ini. Namun, sangat tingginya tingkat kesulitan dalam menyusun data ini menjadikan market kurang mempercayai tingkat akurasinya. Peningkatan yang melebihi asumsi dari kedua indikator ini diartikan sebagai naiknya tingkat inflasi, yang pada gilirannya nanti akan menjadikan turunnya harga-harga obligasi dan naiknya tingkat suku bunga.

Initial (Jobless) Claims
Definisi: Indeks pemerintah yang mencatat jumlah penduduk yang untuk pertama kalinya mengisi klaim tunjangan bagi pengangguran. Guna: Para investor memanfaatkan rata-rata empat mingguan indikator ini untuk memprediksikan tren ketenagakerjaan. Perubahan sebesar 30.000 atau lebih memperlihatkan perubahan yang substansial dalam pertumbuhan lapangan kerja. Semakin rendah angka indeks, semakin kuat kondisi ketenagakerjaan.

Institute for Supply Management (ISM) Manufacturing Index
Sebelumnya dikenal dengan NAPM, efektif berubah semenjak Januari 2002. Merupakan survei penting pada acara manufaktur AS yang dilakukan oleh Institute for Supply Management (ISM). Laporan biasanya dikeluarkan pada hari pertama kerja pada tiap bulannya, menyediakan pandangan awal yang detail wacana sektor manufaktur sebelum dikeluarkannya laporan employment lain. Survei ini dikenal dengan keakuratan jangka waktunya, luasnya informasi yang ada, dan angka yang tertera pada headline-nya merupakan fungsi dari enam komponen utama : pembayaran harga, order baru, supplier, pengantaran, produksi, inventaris, dan employment. Perlu dicatat, ketiga komponen terakhir merefleksikan kekuatan supply (penawaran), sementara tiga komponen sebelumnya merefleksikan kekuatan demand (permintaan). Dapat dilihat bagaimana animo relatif antara dua kelompok tersebut (supply dan demand) menggambarkan balance antar dua kekuatan tersebut, dan hal ini menawarkan pandangan bagi kebijakan-kebijakan Federal Reserve. Komponen pembayaran harga (Price Paid) secara luas diperhatikan lantaran komponen ini melibatkan unsur tekanan harga dalam sektor tersebut, angka 50 atau lebih mengindikasikan bahwa sektor tersebut sedang berkembang, sementara angka di bawah 50 mengambarkan adanya penyusutan.

Institute of Supply Management (ISM) Manufacturing Prices
Adalah sebuah indikator yang menghitung inflasi bulanan dari barang dan jasa yang dibeli oleh seluruh perusahaan manufaktur.

Ivey Purchasing Manager’s Index (PMI)
Adalah sebuah indikator yang mengukur level aktifitas dari para manager pembelian dalam mengelola semua sektor perekonomian yang tersedia. Jika nilai Ivey PMI naik maka nilai mata uang CAD akan mengalami kenaikan.

Jobless/Unemployment Rate
Adalah persentase dari mereka yang aktif mencari lowongan pekerjaan namun belum mendapatkan pekerjaan. Meski merupakan data yang sangat umum dikenal (karena simple dan ada implikasinya dengan politik), Unemployment Rate relatif kurang penting bagi market lantaran dianggap kurang akurat (seringkali terlambat dalam menawarkan sinyal perubahan tren perekonomian).

Leading Indicators
Adalah campuran dari beberapa indikator ekonomi lainnya. Indeks ini disusun untuk mendapatkan sinyal wacana tren perekonomian yang lebih up-to-date (terkini) dan konsisten.

Leading Index
Adalah sebuah indikator ekonomi yang perhitungannya menggabungkan sepuluh indikator ekonomi penting yaitu rata-rata jam kerja mingguan, jumlah permintaan, ekspektasi konsumen, penjualan rumah, harga saham, dan tingkat suku bunga.

Manufacturing Purchasing Manager’s Index (PMI)
Adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat acara kerja dari manajer pembelian dari sejumlah perusahaan manufaktur. Monetary Policy Committee (MPC) Meeting Minutes adalah sebuah pertemuan para pejabat bank sentral yang membahas tingkat suku bunga negara itu selama beberapa waktu terakhir ini.

M4 – Money Supply
Adalah data yang menghitung jumlah uang yang beredar dalam suatu perekonomian. Merupakan jumlah dari:
  • Jumlah uang yang beredar dalam bentuk koin maupun kertas;
  • Jumlah derma dari bank, kepada perseorangan, perusahaan dan bank-bank lain;
  • Jumlah uang yang dipinjam oleh pemerintah.
Para pakar moneter meyakini bahwa Money Supply ini ialah indikator yang manis untuk memprediksi tingkat inflasi. Namun, korelasinya menjadi tidak sanggup mendapatkan amanah semenjak liberalisasi finansial pada tahun 80‘an.

National Association of Home Builders (NAHB) Housing Market Index (HMI)
Adalah sebuah index yang menghitung undangan rumah tinggal yang gres saja dibangun di suatu negara.
Contoh : Jika nilai NAHB Housing Market Index di AS lebih rendah dari prediksi pasar maka nilai nata uang USD akan mengalami penurunan

Nationwide House Prices
Adalah sebuah indikator yang menghitung perubahan rata-rata harga rumah di Inggris. Indikator ini merupakan indikator utama dalam mengukur tingkat kenaikan harga (inflasi) di sektor perumahan.
Contoh : Jika nilai Nationwide House Prices Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Net Capital Flows (TICS Data)
Adalah data yang menghitung jumlah arus modal yang masuk dari para investor asing.

Net Lending to Individuals
Adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah hutang yang termasuk didalamnya ialah kredit perumahan, kartu kredit dan transfer elektronik.
Contoh : Jika nilai Net Lending to Individuals Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

New York Empire State Manufacturing Index
Survey bulanan terhadap para industriawan yang diadakan di area New York dan sekitarnya oleh Federal Reserve New York. Partisipan survey ini mewakili banyak sekali macam sektor industri.

New Home Sales
Adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah rumah gres yang juga telah dijual pada bulan lalu. Jika nilai New Home Sales AS turun maka mata uang USD akan mengalami penurunan.

Nonfarm Productivity
Adalah sebuah indikator yang mengukur produksi nasional dari barang dan jasa diluar sektor pertanian. Jika nilai Nonfarm Productivity AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Non-farm Payrolls
Jumlah tenaga kerja gres dari sektor non pertanian yang bekerja baik full-time maupun part-time yang menerima upah/gaji resmi dari lebih dari 500 perusahaan swasta maupun publik.

Personal Consumption Expenditures – PCE
Kurang lebih sama dengan CPI, PCE ialah laporan (lebih tepatnya bab dari laporan Personal Income) yang dirilis oleh Biro Analisa Ekonomi Departemen Perdagangan. PCE mengukur tingkat perubahan harga barang-barang dan jasa. Komponen data ini terdiri dari pengeluaran-pengeluaran rumahtangga kontan maupun kredit untuk semua jenis barang baik tahan lama, tidak tahan lama, maupun jasa.

Personal Consumption/Spending
Adalah indikasi dari jumlah yang dibelanjakan untuk barang dan jasa dalam suatu periode waktu (bulan) tertentu dan juga sebuah indikator yang mengukur jumlah konsumsi masyarakat untuk membeli barang dan jasa.

Personal Income
Adalah data yang dihitung dari komponen honor dan upah dari data Non-Farm Payrolls.

Philadelphia Fed Index (Business Outlook Survey)
Adalah survey bulanan terhadap para industriawan di daerah sekitar negara bab Pennsylvania, New Jersey dan Delaware. Perusahaan yang disurvey mengindikasikan perubahan pada seluruh acara bisnis dan banyak sekali macam acara perindustrian mereka. Yang ditanyakan meliputi tenaga kerja, jam kerja, pesanan-pesanan, persediaan barang, pengiriman, pembayaran-pembayaran dan penerimaan-penerimaan. Angka indeks di atas nol berarti ekspansi, dan kontraksi bila di bawah nol. Data ini dianggap sebagai indikator perubahan yang manis dalam segala hal yang bekerjasama dengan industri. Dinilai akurat lantaran menggambarkan kondisi terkini. Namun, lantaran hanya meliputi tiga negara bagian, kurang sanggup menggambarkan kondisi negara secara keseluruhan.

Presiden European Central Bank (ECB)

Producer Price Index (PPI)
Suatu indikator ekonomi yang menghitung tingkat inflasi dari barang-barang yang dibeli oleh produsen atau perusahaan manufaktur(pengolah barang). Jika tingkat inflasi barang dan jasa yang dibeli oleh produsen naik, maka nantinya produsen juga akan menaikan harga barang dan jasa untuk menutup kenaikan harga materi baku yang telah dibeli. Jika harga barang dan jasa naik maka itulah sebagai awal mula pemicu inflasi dan pemerintah bersama bank sentral akan mencoba menaikan tingkat suku bunga. Tidak sebagus CPI dalam mengindikasi tekanan inflasi. Tetapi lantaran memasukkan komponen barang-barang yang sedang dalam proses produksi, PPI seringkali sanggup sekaligus memperkirakan CPI.

Productivity
Mengukur perubahan dalam jumlah barang dan jasa yang diproduksi per unit. Menggabungkan input buruh dan modal. Harga unit dari komponen buruh ialah indikator yang mempunyai kegunaan untuk mengukur tekanan terhadap upah. Produktivitas menjadi semakin penting artinya dalam beberapa tahun terakhir sejak Federal Reserve mulai memberi perhatian pada perkembangan animo dan tingkat inflasi.

PSNCR – Public Sector Net Cash Requirement
Adalah jumlah uang yang harus dipinjam pemerintah untuk membiayai pengeluaran-pengeluarannya. Pemerintah seringkali mengeluarkan lebih dari yang mereka terima dari penerimaan pajak, dan satu-satunya cara untuk menambah kekurangan tersebut ialah dengan meminjam.

Purchasing Managers’ Index (PMI)
PMI merupakan indeks campuran dari lima indikator utama, yang meliputi unsur: Order, Tingkat Persediaan, Produksi, Pengiriman, dan Tenaga Kerja. Angka indeks di atas 50 berarti industri mengalami ekspansi, di bawah 50 berarti mengalami kontraksi. Indeks ini dinilai sebagai indikator penting dan dianggap terbaik dalam mengukur tingkat produksi. Indeks ini juga sanggup mendeteksi tekanan inflasi dan acara perindustrian.

Real GDP
Para pakar makroekonomi cenderung lebih memperhatikan Real GDP alasannya ialah data ini juga memperhitungkan tingkat inflasi, tidak sebagaimana halnya (Nominal) GDP yang hanya merefleksikan tingkat perubahan harga-harga.

Reserve Bank of New Zealand (RBNZ)
Adalah Bank Sentral New Zealand

Retail Sales
Data ini menghitung total penerimaan toko-toko ritel, tanpa memasukkan komponen pengeluaran untuk sektor jasa di dalamnya. Data bulanan ini memperlihatkan persentase perubahan dari data bulan sebelumnya. Angka negatif memperlihatkan jumlah penjualan menurun dari penjualan bulan sebelumnya.

RICS Housing Market Survey
Adalah laporan bulanan wacana bursa perumahan di Inggris dan Wales. Datanya didapat dari bantuan para surveyor 10 daerah seluruh negeri, dan meliputi analisa aktivitas, perubahan harga dan tingkat transaksi. RICS sendiri ialah akronim dari The Royal Institution of Chartered Surveyors. Merupakan suatu forum riset independen terbesar di bidang properti dan konstruksi di Inggris.

Manager’s Index (PMI)
Adalah indikator PMI yang biasa digunakan oleh negara Swiss. PMI merupakan indeks campuran dari lima indikator utama, yang meliputi unsur: Order, Tingkat Persediaan, Produksi, Pengiriman, dan Tenaga Kerja. Angka indeks di atas 50 berarti industri mengalami ekspansi, dibawah 50 berarti mengalami kontraksi. Indeks ini dinilai sebagai indikator penting dan dianggap indikator terbaik dalam mengukur tingkat produksi. Indeks ini juga sanggup mendeteksi tekanan inflasi dan acara perindustrian.

TD Securities Melbourne Institute (TDMI) Inflation Gauge
Adalah sebuah indikator yang menghitung nilai inflasi dari harga barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen. Institut Melbourne bekerjasama dengan TD Securities merelease indikator ini setiap bulannya.

Treasury International Capital (TIC) Net Long-Term Transactions
Adalah sebuah indikator yang mengukur selisih investasi dari investor gila dan lokal disuatu negara. Jika nilai TIC Net Long-Term Transactions AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Tertiary Industry Activity Index
Adalah sebuah indikator yang menghitung total pengeluaran/konsumsi di sektor jasa.
Contoh : Jika nilai Tertiary Industry Activity Index Jepang lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang Yen akan mengalami kenaikan.

Trade Balance
Trade balance adalah selisih higienis dari nilai ekspor dan impor barang dan jasa suatu negara dalam suatu periode tertentu. Angka nyata memperlihatkan surplus (ekspor melebihi impor), negatif memperlihatkan defisit (impor melebihi ekspor).

Trade Balance & Current Account
Trade Balance adalah selisih higienis dari nilai ekspor dan impor barang dan jasa suatu negara. Angka nyata memperlihatkan surplus (ekspor melebihi impor), negatif memperlihatkan defisit (impor melebihi ekspor). Sedangkan Current Account adalah jumlah dari Trade Balance ditambah dengan pendapatan higienis dari luar negeri. Trade Balance atau Current Account dapat dipandang dari dua sisi: sebagai selisih ekspor dan impor, maupun sebagai kurang lebih selisih dari tingkat tabungan nasional dan tingkat investasi nasional. Jeleknya data ini secara umum diartikan sebagai berkurangnya tingkat persaingan negara tersebut. Namun, jeleknya data ini juga sanggup diartikan sebagai kuatnya perekonomian, bila jeleknya data tersebut dikarenakan tingkat investasi nasional tumbuh lebih pesat daripada tingkat tabungannya.

Trimmed Mean CPI
Adalah sebuah indikator yang merupakan turunan dari CPI. Nilainya didapat dari nilai CPI nominal dikurangi diskon(potongan harga).
Contoh : Jika nilai Trimmed CPI Australia lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang AUD akan mengalami kenaikan.

Unit Labor Costs
Adalah sebuah indikator yang mengukur level hubungan antara upah per jam dengan produktivitas, atau juga output per jam dikurangi inflasi. Jika nilai Unit Labor Costs AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Unemployment Claims
Adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah orang yang gagal mendapatkan asuransi pengangguran untuk pertama kali sampai ahad lalu. Jika nilai Unemployment Claims AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Unemployment/Jobless Rate
Adalah persentase dari mereka yang aktif mencari lowongan pekerjaan namun belum mendapatkan pekerjaan. Meski merupakan data yang sangat umum dikenal (karena simple dan ada implikasinya dengan politik), Unemployment Rate relatif kurang penting bagi market lantaran dianggap kurang akurat (seringkali terlambat dalam menawarkan sinyal perubahan tren perekonomian).

University of Michigan Consumer Sentiment Index
Adalah hasil survey wacana kepercayaan konsumen yang diselenggarakan oleh University of Michigan. Merupakan indikator kepercayaan konsumen Amerika yang paling banyak diperhatikan.

Wholesale Inventories
Laporan Wholesale Inventories ini meliputi statistik persediaan dan penjualan dari tahapan kedua proses manufaktur. Meski demikian, data penjualan dalam laporan ini tidak menggambarkan secara terang mengenai belanja per kapita sehingga balasannya tidak besar lengan berkuasa signifikan bagi market. Wholesale Inventories kadang memperlihatkan perubahan yang cukup tajam pada angka persediaan agregat (persediaan agregat ialah jumlah keseluruhan dari persediaan pada level manufaktur, grosir, dan ritel), yang mungkin berdampak pada proyeksi GDP. Jika demikian, Wholesale Inventories mungkin memicu reaksi kecil dari market. Namun, data ini lebih sering lewat begitu saja tanpa diperhatikan kecuali oleh para pakar ekonomi.

Wholesale Sales
Adalah sebuah indikator yang mengukur nilai pertumbuhan penjualan dalam skala besar.
Contoh : Jika nilai Wholesale Sales Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

ZEW Current Situation dan Economic Sentiment
Adalah hasil survey dari forum riset ZEW Jerman yang menawarkan citra dan evaluasi mengenai kondisi perekonomian Jerman dikala ini.


Beberapa Data Ekonomi dan Pengaruhnya terhadap mata uang USD:
  • Avarage Earning Naik, USD, USD Menguat
  • Balance of Payment Naik, USD Menguat
  • Budget Deficit Turun, USD Menguat
  • Business Inventories Turun, USD Menguat
  • Capacity Utilization Naik, USD Menguat
  • Car Sales Naik, USD Menguat
  • Chicago PMI (Purchasing Management Index) Naik, USD Menguat
  • Construction Spending Naik, USD Menguat
  • Consumer Confidence Index (CCI) Naik, USD Menguat
  • Consumer Credit (CI) Naik, USD Menguat
  • Consumer Price Index (CPI) Turun, USD Menguat
  • Consumer Spending (Expenditure) Turun, USD Menguat
  • Cost of Living Naik, USD Menguat
  • Current Account Turun, USD Menguat
  • Corporate Profit Naik, USD Menguat
  • Deflation Naik, USD Menguat
  • Discount Rate Naik, USD Menguat
  • Durabel Goods Orders Naik, USD Menguat
  • Economic Monetary System (EMS) Naik, USD Menguat
  • Factory Orders Naik, USD Menguat
  • Federal Budget Naik, USD Menguat
  • Federal Reserve Fund Naik, USD Menguat
  • Gross Domestic Product (GDP) Naik, USD Menguat
  • Gross national Product (GNP) Naik, USD Menguat
  • Housing Start Naik, USD Menguat
  • Industrial Productions Naik, USD Menguat
  • Invisible Trade Turun, USD Menguat
  • Jobless Claims Naik, USD Menguat
  • Leading Indicators Naik, USD Menguat
  • Money Supply (M,M,M,M) Naik, USD Menguat
  • National Association Purchasing Managers (NAPM) Naik, USD Menguat
  • Non Farm Payrolls Naik, USD Menguat
  • Personal Expenditure Naik, USD Menguat
  • Personal Income Turun, USD Menguat
  • Prime Rate Naik, USD Menguat
  • Product Price Index (PPI) Naik, USD Menguat
  • Public Sector Debt Repayment Naik, USD Menguat
  • Retail Sales Turun, USD Menguat
  • Trade Balance Naik, USD Menguat
  • Trade Devicit Turun, USD Menguat
  • Trade Weighted Index Turun, USD Menguat
  • Unemployment rate Turun, USD Menguat
  • Unit Labour Cost Naik, USD Menguat
  • Value Added Tax Naik, USD Menguat
  • Visible Trade Naik, USD Menguat
  • Whole Sale Price Index Naik, USD Menguat
  • Whole Sale Order Naik, USD Menguat


Beberapa sumber informasi untuk analisis fundamental:
  1. www.forexfacory.com
  2. www.forexnews.com
  3. www.fxstreet.com
  4. www.currencypro.com
  5. www.saxobank.com
  6. www.vibiznews.com
  7. www.financeroll.com

(Sumber: rangkuman Sinjotaro, forexindonesia.id)

Post a Comment